Senin, 25 Oktober 2010

10 mobil paling hebat buat eropa

Autos - Mobil

7 dari 10 Mobil Premium Paling Hemat, Buatan Eropa
Senin, 18 Februari 2008 - 12:29 wib
TEXT SIZE :


Anton Suhartono - Okezone


SEBANYAK 7 dari 10 besar kendaraan premium paling efisien bahan bakar yang dipasarkan di Amerika Serikat, merupakan produksi pabrikan kendaraan Eropa.

Selain Eropa, Jepang juga dikenal sebagai penghasil kendaraan premium yang memilik tingkat efisiensi tinggi. Hal ini disebabkan, pemerintah negara bersangkutan sangat memberikan perhatian dengan memberikan potongan pajak bagi pabrikan yang memproduksi kendaraan efisien bahan bakar di kelasnya.

"Produsen mobil premium Eropa, memiliki kesadaran untuk memproduksi mobil efisien bahan bakar sejak puluhan tahun lalu," ujar Mike Omotoso, Senior Manager of global powertrain J.D Power seperti dikutip Forbes, Senin (18/2/2008). Menurutnya, sejak lama produsen kendaraan premium di Eropa sudah berusaha mengembangkan teknologi efisiensi kendaraan.

Sebanyak 7 dari 10 kendaraan premium yang diberikan predikat most fuell efficient tersebut, merupakan produksi Eropa. Ini wajar karena regulasi energi yang diberlakukan di Eropa terbilang ketat dibanding AS. Kendaraan-kendaraan tersebut, dikembangkan untuk pasar Eropa.

Sementara produk Jepang, seperti Lexus (Toyota) dan Acura (Honda) mengisi 3 posisi di jajaran top 10.

Pemeringkatan 10 besar tersebut, juga didasarkan dari bobot kendaraan yang tentu memengaruhi konsumsi bahan bakarnya. Mercedes Benz E230 bluetec misalnya, memiliki berat hampir 2 ton. Namun konsumsinya terbilang efisien dengan 23 mil/galon di kota dan 32 mil/galon di jalan raya.

Menurut data Environment Protection Agency (EPA) AS, hanya Lexus GS 450h yang masuk dalam 4 besar, memiliki bobot paling berat. Ini dikarenakan mesin hybrid yang menggunakan motor listrik dan beberapa baterai yang sangat berat.

Sebagain kendaraan premium yang masuk top 10, juga berasal dari jenis sport. Seperti Porsche boxter dan Cayman yang menempati posisi 9. Tidak tertinggal model Acura TSX, Audi A4, dan Lexus IS 250. Juga terdapat jenis coupe convertible seperti Ausi TT. Jenis premium hatchback, seperti Audi A3 dan Volvo C30 yang ringan dan cepat, tentu tidak akan terlewatkan. Bahkan Audi menempati posisi kedua sebagai mobil premium paling hemat.

Sebagain kendaraan-kendaraan tesebut, menggunakan mesin 4, 5, dan 6 silinder. Ini berguna untuk meingkatkan efisiensi. Namun bukan berarti kecilnya silinder menurunkan performanya. Hal ini dikarenakan teknologi throttle control yang diatur dengan sistem komputer. Selain itu juga terdapat teknologi direct fuell injection, dan variable valve timing. Pabrikan seperti Audi dan Volvo menggunakan turbocharged yang berfungsi meningkatkan daya dorong (hp) tanpa harus meningkatkan kapasitas mesin. (ton)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar